Daun SIRIH SEBAGAI OBAT SAKIT GIGI

DAUN SIRIH SEBAGAI OBAT SAKITGIGI
APA YANG Anda rasakan tatkala sakit gigi? Badan meriang, kepalapusing, tidak bersemangat untuk beraktivitas apa pun. Sakit terutama disebabkan oleh karies (demineralisasi) itu memang menjengkelkan. Karies gigi timbul karena adanya plak gigi, yaitu lengketan berisi bakteri dan produk-produknya yang terbentuk pada semua permukaan gigi.
.
BAKTERI yang berperan penting dalam pembentukan plak adalah bakteri yang mampu membentuk polisakarida ekstraseluler, yaitu bakteri dari genus Streptococcus. Bakteri Streptococcus yang ditemukan dalam jumlah besar pada plak penderita karies adalah Streptococcus mutans (Roeslan, 1996).
.Koloni S mutans selanjutnya memfermentasi sukrosa menjadi asam. Asam yang dihasilkan dapat mempercepat pemasakan plak yang berakibat pada turunnya pH permukaan gigi. Apabila pH tersebut terus turun hingga angka kritis (5,2-5,5), maka email gigi akan larut dan timbullah karies gigi.
Pencegahan akumulasi plak diperlukan guna menghindari sakit gigi sekaligus menjaga kesehatan mulut. Pencegahan akumulasi plak dilakukan dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi dan menggosok gigi secara teratur dengan pasta gigi yang mengandung antibakteriplak.
.
Pasta gigi yang beredar di pasaran umumnyamengandung fluordalam bentuknatrium fluorida(NaF), staniumfluorida(SnF>jmp 2008mkern199mh 6526m,0w6526mjmp 0mkern200mh 8333m,0w8333m<), dan natrium monofluorofosfat (NaMFP). Fluor memang bertindak sebagai senyawa antibakteri.
Meski demikian, penggunaan pasta gigi dengan konsentrasi fluor tinggi dapat menimbulkan efek samping berupa fluorosis email dan belum efektif membunuh bakteri karena lebih bersifat menghambat. Selain itu bahan kimia ini masih diimpor dari luar negeri dengan harga relatif mahal.
Karena itu, para ilmuwan berupaya mencari alternatif. Hasilnya adalah pasta gigi yang mengandung minyak atsiri daun sirih sebagai zat antibakteri.
Pasta gigi yang mengandung minyak atsiri daun sirih memang tergolong relatif baru. Tetapi sebenarnya, khasiat daun sirih (Piper betle) sebagai antibakteri mulut dan gigi sudah diketahui dan dibuktikan sejak lama.

Pos ini dipublikasikan di Obat Alami dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar